AL QUR'AN 300 Tahun Ditemukan di Thailand, Sebagian Asli Indonesia


BerbagiArtikelMuslim -  Sejumlah Alquran dan kitab tua ditemukan di Thailand. Alquran dan kitab-kitab yang menjadi harta karun kaum Muslim di wilayah selatan negeri Gajah Putih itu berusia lebih dari 300 tahun.
Kepala Sekolah Menengah Samanmit Vittaya di Narathiwat, Mahamad Lutfi Hajisamae, merupakan inisiator pengumpulan Alquran dan kitab-kitab tersebut. Sekolahnya menjadi pusat untuk mengumpulkan peninggalan-peninggalan itu sejak dua tahun silam.

“Alquran-Alquran yang dikumpulkan merupakan peninggalan nenek moyang saya, dan beberapa di antara mereka diperoleh dari negara-negara seperti Yaman, Arab Saudi, dan Indonesia,” kata Muhammad Lutfi, sebagaimana dikutip Dream dari Bernama, Selasa 8 Maret 2016.

“Ada Alquran dari Yaman yang ditulis tahun 1634,” tambah dia.

Selain Alquran dari berbagai negara itu, kata Muhammad Lutfi, juga dikumpulkan pula Alquran-Alquran dari penduduk lokal.

Menurut dia, sebagian Alquran dan kitab-kitab itu masih dalam kondisi bagus, sementara sebagian besar sudah rusak. Sehingga perlu pembungkus untuk melindungi material Alquran dan kitab-kitab itu.

“Mereka perlu disimpan di ruangan kedap udara untuk menghindari kelembaban, sehingga tidak bertambah rusak.”

Mahamad Lutfi mengatakan, 74 Alquran telah diperbaiki oleh ahli dari Turki, dan sekarang disimpan di ruangan khusus di sekolah. Sementara, 29 lainnya masih dalam proses perbaikan. Proses perbaikan memerlukan waktu delapan bulan hingga setahun, tergantung kondisinya.

Selain Alquran-Alquran itu, sekolah yang dikepalai oleh Muhammad Lutfi itu juga telah mengumpulkan kitab-kitab dan manuskrip dalam 15 kategori. Di antaranya berisi ilmu pengetahuan, pengobatan, dan lainnya. Total ada 1.000 unit.

Menurut Mahamad Lutfi, Kementerian Kebudayaan Thailand bekerjasama dengan pemerintah Turki untuk membangun Museum Peninggalan Islam di sekolah tersebut.

“Kami mengeluarkan program untuk membangun museum dengan anggaran Rp 52.5 miliar dan ini diharapkan selesai tahun depan,” ujar dia.(dream.co.id)

0 Response to "AL QUR'AN 300 Tahun Ditemukan di Thailand, Sebagian Asli Indonesia"

Post a Comment